Search This Blog

Powered By Blogger

Saturday 15 December 2012

BEBAS DARI 5P


catatan kecil ni a/ hasil kutipan dari kuliah biokimia ini . . . .
dari 4 pertemuan yang dilibas habis hari ini,,,
dari 4 materi kebut-kebutan yang za sampai lupa ke -4 judulnya , , ,
dari sekian panjangnya untaian kata dari “buk rindang kembar sari” yang memiliki wajah rindang juga , , ,
dari kesekian kalinya binder or penggaris  or pena za jatuh dari ketinggian +- ½ m (from table to floor)
cz saking ngantuknya mpe gag nyadar barang2 dari meja za telah mengalami hal-hal sbb:
¯  berjatuhan,,, (diawali dengan pena yg meluncur dengan slow motion dari tangan ke lantai)
¯  menimbulkan kegaduhan,, (bunyi binder yang jatuh n disusul dengan bunyi penggaris besi)
¯  jadi pusat perhatian (cz seringnya jatuhin barang . . .)
¯  dsb… dst… dan .  . . .
dan dari bla bla bla…
setidaknya za ingat bagian ini….
terkesan pas beliau bilang “PERUT QT BUKAN TEMPAT SAMPAH YANG BISA DIMASUKIN APA AJA!!!”
za yg awalnya gag ngeh, tiba2 jadi tertarik u/ memperhatikan… (za berusaha membelalakkan mata yang udah 5 watt agar bisa jadi pendengar yang baik, setidaknya untuk bagian ini!!!)
kemudian beliau melanjutkan . . . . . (hmmm… lebih kurangnya begini kW…)

“Makanan sekarang ini banyak mengandung zat-zat sampah yang membahayakan,, (pengawet, pestisida, pewarna, pemanis,  or penyedap) yang apabila sudah qt konsumsi, sebagian akan terperangkap, tidak bisa keluar,  dan menjadi racun dalam tubuh qt!. intinya sebelum makan itu, qt harus pikir dulu dan pastikan terbebas dari 5P….”
1)      Pengawet
Hampir semua makanan saat ni menggunakan pengawet, makanan tradisional seperti “tahu” pun tak mau ketinggalan n ikut2an eksis pke penggawet (formalin_red). trus disusul oleh Bakso yang pake boraks agar kenyal, dll.
Buk rindang bilang “meskipun dulunya pecinta bakso, tpi sekarang saya gag mau lagi makan bakso, karena kebanyakan pake boraks,,. gag usah lah makan bakso. gag mati kan kalo gag makan bakso???”
(hmm, meskipun ibk blg gag bklan mati kalo gag makan bakso seumur hidup, tapi z gag bisa hidup tanpa bakso,,  cz  z a/ pecinta bakso sejati yg akn tetap setia memberikan cintax pada basko… tpi z akn selektif n be careful ko’ buk!”)

2)      Pewarna
kalo makanan pake pewarna alami gag apalah, tapi kalo pke pewarna tekstil??? hmmm… ini lah yg trjadi di dunia qt sekarang ni kW.. gorengan,, cincau,, diberi pewarna agar terlihat menarik. Kalo beli makanan, maunya yang warnaya ngejreng kan???

3)      Penyedap
Seringkan pas makan miso ataw mie qt ngerasa haus pas di kerongkongan? Usut punya usut tu karena adanya bahan penyedap dalam makanan tersebut. Tujuannya sih biar lebih gurih,,,(katanyaaa...) tapi taw gag, kalo zat tersebut mengendap di dalam hati qt dan menjadi sumber penyakit berbahaya yang mengancam masa depan anda? (menurunkan daya ingat, menimbulkan penyakit berbahaya ex: Ginjal, kista, tumor, usus buntu, dll)

4)      Pemanis
Kebanyakan ditemukan dalam minuman, baik yang keluaran pabrik maupun yang dijual di pasar-pasar. misalnya teh gelas,, mntea,, greentea,,, ataw okky jelly drink (yang katanya bisa menunda lapar,,, masa iya,,, posisi nasi digantikan oleh jelly???). Contoh lainnya: pas beli teh poci yang murah meriah. Dengan Rp 2.500 qt bisa mendapatkan segelas teh poci, hmmm… gimana bisa coba? (blom lagi tempatnya, sedotannya, plastiknya, tehnya, esnya, gulanya, plus capek penjualnya). Ternyata agar harganya bisa murah, penjual pun memakai bahan yang murah dan tentu dengan kualitas yang rendah. Siapa bilang es nya dari air masak? Siapa bilang pake gula pasir alami??? kebanyakan mereka menggunakan pemanis buatan jenis sakarin yang cukup dengan seujung sendok saja, tapi bisa memberikan rasa manis yang luar binasaaa . . . (mana maw penjual rugi??)

5)      Pestisida
Pas beli buah or cabe or sayur, biasanya qt nyari yang besar, warnanya bagus, dan terlihat segar. tapi taw gag sih sebagian besar sayur taw buah yang ada di pasar menggunakan pestisida?. Hasil riset membuktikan “bahwa sayuran yang berada di perkebunan di Padang Panjang n sekitarnya aja (yang biasa qt lihat di pinggir jalan) mengandung pestisida dan logam berat yang berbahaya.


Hmmmm . . . ternyata dunia ini makin gila aja kw (kawand).. hampir semua makanan sekarang ni mengandung zat yang berbahaya. ayam aja sekarang di suntik hormon biar cepat besar n gemuk. jadi qt harus makan apa??? ataw gag usah makan2 sekalian??? Mo puasa seumur hidup???

Gimana . . . . . ???
gag usah segitunya kW… yang penting qt tu bisa selektif n be careful selalu… konsumsilah makanan yang bebas dari 5P di atas..

mungkin ada sedikit tips agar bebas dari 5P
  • kalo beli bakso  ataw tahu,, teliti dulu dengan seksama n dalam tempo sesingkat-singkatnya. biasanya tahu yang mengandung formalin, pas qt tekan, maka bagian yang qt tekan tsb terasa mental dan kembali ke posisi semula. Bakso yang pake boraks (umumnya pake) terasa kenyal dari bakso biasa yang lebih lunak.
  • kalo beli sayur ataw buah,, cucilah beberapa kali sebelum dikonsumsi.. pake air+mamalime or sunlight. jika sayur ataw buah yg mengandung pestisida, akan terlihat pada air bekas rendamannya yang terlihat sedikit berminyak.
  • kalo beli cincau ataw makanan yang kemungkinan pake pewarna,, liat dulu warnanya,,, wajar gag segitu ngejrengnya? bila perlu,, tatap dulu penjualnya "mungkin gag dia jual cincau yang pake wantex??
mungkin segitu ja tips nya.. kalo ada yg berkenan mohon ditambahkan…. (berbagi_info.com)
n the last message: “CINTAILAH DIRI ANDA SEBELUM ANDA MENCINTAI PACAR2 ANDA!!” (caranya ya ituuu… dengan memperhatikan semua makanan yang anda konsumsi. pikirkan dulu sebelum qt makan sesuatu… emang tubuh qt tong sampah????



dikutip dari catatan kecilku on "facebook Oktria Elva Roza".

No comments:

Post a Comment